01 September 2012

,

Backup iPhone, iPad dan iPod di Komputer dengan iTunes

Jika Anda sering bergonta-ganti musik, menginstall aplikasi terbaru dari iTunes, mengupgrade iOS iPhone maka ada baiknya Anda melakukan backup iPhone sebelum melakukannya. Walaupun jarang sekali terjadi kesalahan ketika Anda meng-upgrade iOS ke versi terbaru ataupun menginstall aplikasi yang baru saja Anda beli, namun sangat dianjurkan agar Anda berhati-hati dan mem-backup iPhone Anda. Seperti kata pepatah, “Sedia payung sebelum hujan”. Lebih baik berhati-hati di awal daripada Anda menyesal kemudian. Nah, sudahkah Anda tahu cara mem-backup iPhone Anda? Jika tidak ada baiknya Anda melanjutkan membaca artikel berikut ini.


Cara Backup iPhone, iPad, iPod
Cara melakukan backup iPhone, iPad, iPod adalah sama yaitu melalui iTunes. Seperti biasa koneksikan gadget Anda ke komputer yang sudah terinstall iTunes. Setelah gadget terkoneksi maka klik kanan pada nama gadget yang terhubung ke iTunes. Setelah itu akan muncul beberapa menu yang dapat Anda pilih. Pilihlah “Backup” maka iTunes akan menyimpan semua data Anda ke komputer. Sangat sederhana bukan? Pastikan bahwa setelah menekan “Backup” Anda membiarkan iTunes menyelesaikan proses backup. Jangan sekali-sekali membatalkan proses backup ini atau data Anda bisa hilang.


File Backup iPhone, iPad, iPod

Setelah proses backup selesai maka data Anda akan tersimpan di folder iTunes. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, maka biasanya file tersebut disimpan di

C:\Documents and Settings\USERNAME\Application Data\Apple Computer\MobileSync\Backup

USERNAME disini adalah nama user Anda di Windows. Misalnya username Anda adalah John maka alamat lengkap folder penyimpanan file backup Anda menjadi

C:\Documents and Settings\John\Application Data\Apple Computer\MobileSync\Backup

File ini juga berguna jika Anda ingin menginstall iTunes pada komputer lain. Data-data pada iTunes di komputer pertama dapat Anda pindahkan ke komputer baru dengan menggunakan file backup yang sudah Anda buat tadi. Tinggal restore backup di komputer baru dan pilih file backup Anda tadi.

Cara melakukan backup data pada iPad dan iPod adalah sama seperti cara melakkannya pada iPhone. Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan backup iPhone silakan meninggalkan pertanyaan atau komentar pada tempat yang telah disediakan.

(seputariphone)


1 komentar: