Makanan Laut yang Rentan Terkontaminasi Racun

Makanan laut merupakan sumber energi dengan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun, di balik manfaatnya, sejumlah makanan laut berpotensi menyimpan racun yang bisa membahayakan tubuh.

Tuna salah satunya. Jenis ikan ini rentan terkontaminasi scombrotoxin, yang dapat menyebabkan kram dan sakit kepala, seperti dikutip Gal Time.

Sebagai pencegahan, pastikan selalu menyimpan tuna di tempat dingin. Kalau perlu di atas permukaan es. Tempat penyimpanan yang terlalu panas akan merangsang pelepasan racun yang sulit hilang lewat proses pemasakan.


Hindari pula menyantap ikan tuna mentah atau setengah matang tanpa tahu kondisi penyimpanan sebelum pengolahan. Ikan tuna mentah atau setengah matang biasanya tersaji dalam sajian khas Jepang seperti sushi.

Makanan laut lain yang perlu diwaspadai adalah tiram atau kerang. Santapan ini dikenal sebagai makanan yang paling berpotensi menyimpan racun dari lokasi berkembang biak.

Jika ditangkap dari perairan yang tercemar, kerang-kerang itu kemungkinan besar juga telah terkontaminasi racun. Dan ketika masuk ke tubuh, bisa memunculkan reaksi seperti muntah, demam, dan diare. Karenanya, berhati-hatilah saat membeli tiram atau kerang. (art)

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
© Dewa Krisna | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger