02 September 2012

Mengambil Foto Panorama dengan iPhone 4

Beberapa hari belakangan ini saya sangat ingin bisa mengambil foto panorama dengan iPhone 4 saya. Kenapa? Beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat seorang rekan di waktu rapat yang mengambil foto panorama. Mungkin bagi Anda yang belum mengerti apa itu foto panorama dapat saya jelaskan sedikit disini. Foto panorama adalah foto yang diambil secara berurutan dari sudut 0 derajat sampai 180 derajat. Foto yang diambil ini hampir sama seperti ketika Anda merekam video. Bedanya hanyalah foto disimpan sebagai satu obyek yang tidak bergerak sedangkan video dapat Anda putar dan obyek di dalamnya dapat bergerak. Setelah melihat rekan saya tersebut, saya jadi ingin mengambil foto panorama dengan iPhone 4 saya. Tentu saja saya tidak ingin kalah dengan rekan saya tersebut karena smartphone yang dimilikinya memang lebih baru namun dari segi harga mungkin masih kalah mahal dengan iPhone yang saya miliki (maaf bukan sombong tapi kenyataan). Akhirnya saya seperti biasa tenggelam dalam pencarian di mesin pencari Google sampai akhirnya saya temukan cara mengambil foto panorama dengan iPhone 4 di CultofMac. Artikel yang saya tulis ini saya alihbahasakan dari artikel yang ditulis oleh John Brownlee dari CultofMac.


Foto Panorama dengan iPhone 4
Mode foto panorama dengan iPhone 4 sebenarnya merupakan “easter egg” atau fitur yang disembunyikan oleh Apple di iOS 5. Karena alasan yang tidak jelas fitur ini tidak disertakan ketika iOS 5 dirilis. Mode panorama ini memberikan Anda kesempatan untuk mengambil beberapa foto secara sekunsial dan menggabungkan foto-foto tersebut menjadi satu yang membentuk foto panorama 180 derajat. Akan tetapi walaupun Apple telah menghabiskan cukup waktu untuk mempersiapkan fitur ini Anda tidak dapat mengaksesnya secara langsung kecuali Anda men-jailbreak iPhone Anda. Cara untuk menampilkan fitur foto panorama dengan iPhone 4 adalah sebagai berikut:
  1. Jalankan Cydia dan kemudian unduh Firebreak.
  2. Setelah aplikasi Firebreak diinstall, maka mode panorama akan muncul di bagian “Options” dari aplikasi kamera bawaan iPhone Anda.

Cara lain yang lebih rumit dan memerlukan keahlian khusus adalah dengan mengubah pilihan “Enable Firebreak” menjadi “Yes” pada com.apple.mobileslideshow.plist dari iPhone Anda.

Kesimpulan Foto Panorama dengan iPhone 4
Fitur panorama ini sangat menarik namun jika Apple memutuskan untuk mengurungkan niatnya untuk menyertakan fitur ini di iOS 5 pasti karena alasan yang masuk akal. Fitur ini sendiri ketika dicoba sedikit rumit dan susah digunakan. Fitur ini lebih berupa pembuktian dari konsep oleh pengembang dibandingkan fitur yang elegan dan mudah untuk digunakan yang biasanya diusung oleh Apple. Jadi bagi Anda yang ingin mengambil foto panorama dengan iPhone 4 dapat Anda coba cara yang telah dijelaskan di atas sehingga dapat menandingi smartphone milik teman Anda.
(seputariphone)

0 comments:

Posting Komentar