Mengobati Demam dan Rematik Dengan Singkong

Singkong memang sering dipandang sebelah mata. Untuk makanan, memang singkong sudah banyak diolah jadi berbagai macam makanan ringan. Namun kebanyakan orang lebih memilih makanan yang lebih modern bila makanan ini bersanding dengan makanan khas barat. Namun, seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, singkong sudah semakin populer dengan menjadi jenis makanan tradisional yang paling digemari. Namun dibalik semua keaneka ragaman makanan dari hasil pengolahan singkong tersebut, tersembunyi beberapa manfaat lain dari singkong itu sendiri.


Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi dan obat, ternyata singkong memiliki benyak manfaat yang berkaitan dengan kesehatan. Singkong juga dikenal sebagai umbi yang memiliki khasiat antioksidan, antikanker, antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Dan berikut ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan singkong tersebut.

Rematik
Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia di atas 40an, namun sekarang ini tak jarang beberapa orang yang masih muda mengidap penyakit rematik. Untuk mengobati rematik, pengobatan dengan singkong bisa dari dalam maupun luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong lima lembar ditambah 15 gram jahe. Lalu ditumbuk dan oleskan pada bagian yang sakit di tubuh.

Untuk pengobatan dari dalam, gunakan 100 gram batang singkong, serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400 cc, saring air hasil perebusan tadi dan minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari. Lakukan hal ini selama dua hari berurut-turut.

Demam
Seiring dengan perubahan musim yang terjadi, kebanyakan dari kita sering mengalami kondisi yang turun. Terkadang bahakan tidak sedikit dari kita yang mengalami demam. Dengan menggunakan obat tradisional dari singkong, kita bisa mengobati panyakit tersebut. Caranya yaitu rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 cc air. Biarkan rebusan menyusut sampai 400 cc, saring hasil rebusan tadi dan minum dalam keadaan hangat. Untuk hasil maksimal, minumlah ramuan tradisional ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Luka
Selain penyakit dalam, singkong juga mampu mengobati penyakit luar seperti luka yang telah memasuki tahap infeksi. Caranya: Tumbuk batang singkong yang masih segar, lalu boreh di daerah yang luka. Boleh juga dibalut lagi dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong dapat diparut dan diperas. Kemudian oleskan di daerah luka dan lakukan hingga luka mengering.

Diare
Selain minum oralit untuk pengobatan diare, menggunakan singkong sebagai obat diare juga bisa dilakukan. Nah untuk mengobati diare atau sakit perut, anda bisa menggunakan daun singkong. Caranya dengan merebus tujuh lembar daun singkong, dengan 800 cc air, biarkan hingga menyusut 400 cc, saring ha air hasil rebusan tadi dan minum saat dingin.

Sakit Kepala
Menggunakan obat kimia untuk sakit kepala terlalu sering dan banyak tidak bagus untuk kesehatan. Dengan cara alternatif berbahan dasar dari bahan tradisioanl merupakan tips dan trick untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya coba cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu menaruhnya di atas kepala untuk kompres. Dengan cara yang mudah ini, anda akan terhindart dari masalah kelebihan obat kimia.

Beri-beri
Beri-beri merupakan penyakit yang sangat memalukan. Dan beruntung bagi mereka yang gemar menyantap daun singkong, karena akan terhindar dari penyakit ini. Namun, bagi yang sudah terkena penyakit beri-beri, anda bisa melakukan pengobatan secara tadisional dan aman ini dengan cara mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti sayuran segar. Cukup dengan merebusnya lalu dimakan seperti lalapan.

Meningkatkan Stamina
Setelah seharian melakukan beberapa aktivitas, tubuh akan terasa kecapaian dan letih. Banyak terdapat minuman suplemen untuk meningkatkan stamina anda, namun secara tidak anda ketahui, minuman tersebut mempunyai efek samping yang pastinya kurang bagus bagi kesehatan anda untuk jangka panjangnya. Nah, dengan memanfaatkan singkong yang tentu ini lebih aman bagi tubuh dalam meningkatkan stamina anda. Caranya yaitu, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco (sejenis kurma Tiongkok) Kemudian tumbuk hingga halus kemudian saring dan tambahkan sedikit air. Untuk menghindari rasa pahit, tambahkan sedikit madu lalu minum.
(kenzoo)

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
© Dewa Krisna | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger